Kamis, 16 April 2015

KP Indarung IV Semen Padang-1 (5 Jan 2015)

Dikirain mudah aja KP, ternyata waaahh ilmu ini jauh jurangnya, gk begitu tau semua tentang pengontrolan.



Pokoknya hari pertama KP yang saya dapatkan, cukup banyak sekali. Disaat sesi pelepasan anak KP/Prakerin oleh bagian PUSDIKLAT Semen Padang, disajikan profil perusahaan bagaimana semen itu dibuat. Bahan baku semen tersebut ada batu kapur, silika, tanah liat, dan pasir besi. batu kapur dan silica ini lokasi materialnya berdekatan, yaitu di bukit karang putih, sedangkan tanah liat dari berbagai tempat, seperti lubuk alung, agam dll. Sementara itu pasir besi di dapatkan dari pulau jawa.

Proses pembuatan semen awalnya disebut quarry : pengambilan material dari lokasi. kemudian Chrusher 1 : karena batu kapur masih dalam ukuran besar, maka batu kapur dihancurkan terlebih dahulu sehingga berukuran 300mm. Chrusher 2, karena chrusher 1 masih berukuran besar, maka dihancur kan lagi menjadi sebesar 50 mm. Raw Mill : tempat pengadukan semua bahan baku menjadi satu, hasil keluaran raw mill disebut Raw Mix. Dari Raw Mill masuk ke Kiln : di kiln ini rawmix tadi dipanaskan dengan suhu 1500 derjat Celcius, keluaran Kiln disebut Klinker. keluaran Kiln masuk ke Semen Mill: tempat semen di aduk ( setengah jadi ) dengan mengadukkan menambahkan Gypsum, dan Pozzolan. Gypsum ditambahkan dengan tujuan supaya semen dapat membeku secara merata saat di aduk dengan air. Semen padang awal berdirinya menggunakan teknik Wet Process, namun seiring berkembangnya teknologi, sekarang menggunakan Dry Process.  itu semua yang ditampilkan oleh bagian Diklat semen padang. Usai penampilan Profil kami menerima name tag, dan surat masuk ke tempat magang. Saya dan teman (Prima Ezy) dapat di Indarung IV.

Dari Diklat menuju ke Indarung IV, sampai disana kami kehujanan (hujan Gerimis). Sampai di gerbang kami melapor kepada satpam dengan sambutan senyumannya... "Baru mulai KP ya" tanya salah seorang satpam. "iya pak", lalu kami melihatkan surat dari Diklat. Pak satpam pun menunjukkan jalan untuk menuju Indarung IV.

Perjalanan ke Indarung IV ternyata tidak terlalu jauh, hahaha dekat saja... sampai di kantor Bagonjong PLI IV, kami melaorkan diri. salah seorang dari karyawan bertanya setelah kami memperkenalkan diri " ambil arus lemah atau arus kuat?", "arus lemah" jawab saya. Maka kami di antar ke unit control Indarung IV. sampai disana kami di serahkan ke kepala Biro bapak Novan terjadilah beberapa percakapan di antara kami.


N : "Anda dari prodi apa?"

S : "Prodi arus lemah, pak"

N : "Jadi sekarang tujuan anda KP apa?"

PE:"Menambah pengalaman pak"

S : "Memraktekkan ilmu yang di dapat selama kuliah, pak. Karena dikuliah banyak teorinya, jadi disini mau lihat realnya, pengaplikasiannya"

N : "Kamu maunya KP di bagian mana?"

S : "Mau ambil pengontrolan pak"

N : "apa yang kamu ketahui tentang pengontrolan?"

S : "Mengontrol peralatan yang dijalankan menggunakan PLC"

N : " Apa saja mata kuliah kamu?"

S : "Dasar Elektronika, Sistem Kontrol, Sistem Kendali Cerdas, Mikroprosesor dan Antarmuka, pak"

N : "metode pengontrolan yang kamu pelajari apa saja?"

S : "ada fuzzy Logic, Algoritma genetik, dan Jaringan Saraf Tiruan."

N : "Kalau iya kamu mau menggunakan PLC, PLC apa saja yang pernah kamu gunakan?"

S : "PLC hanya simulasi saja pak, tidak ada yang langsung ke PLC nya, buat ladder diagram saja."

N : "Apa software yang kamu gunakan?"

S : "Syswin64 kalau tidak salah pak, kemudian di simulasikan dengan emulator pak."

N : "Kamu ada belajar PID?"

S : "Ada pak"

N : "Tunggu sebentar"


Pak Novan menelpon seseorang. tidak lama kemudian datang seseorang, dan Pak Novan pun mengenalkan kami kepada Abang tersebut,

N : "Perkenalkan ini pak Jefri, yang nantinya akan membimbing kalian selama KP disini"

PE: "Prima bang"

S : "Salam, Bang"

N : "Di atas ada Mahasiswa magang?"

J : "tidak ada pak"

N : "Kalau gitu, ini mereka berdua mau magang di bagian pengontrollan, di atas bisa kan?"

J : "bisa Pak"

N : "Sekarang silahkan kalian ikuti Pak Jef ini, dia nanti yang akan membimbing kalian"

Akhirnya kami di bawa oleh bang Jefri keruangan bagian atas. Sampai disana kami masuk kesebuah ruangan, yang dipintu tertulis "Engineering Room". Wahhh keren ini, Engineer.....  Disini terdapat Komputer Server dua buah, kemudian komputer operasi 3 buah,,,


Diruangan ini kami diberi penjelasan oleh bang jefri, beberapa point yang dapat kami ambil yaitu :
1. Pengetahuan tentang perkembangan teknologi, urusan mahir menggunakannya belakangan.
2. Jika masuk pengontrolan :
     a. Harus bisa jaringan,
     b. komputer
     c. Software
3. Jangan malu bertanya, tanya saja apa yang tidak tau. 
4. Selama disini, cari mau fokus membahas apa untuk laporan KP nantinya.
5. Semua yang ada di pabrik Indarung IV dikendalikan dari ruangan yang berukuran kira-kira 5mx8m itu.
6. Jika mati komputer server maka pabrik akan rusak.
7. komputer server hidup 24 jam non-stop.
8. bentuk dari diagram pabrik yang dimasukkan kedalam blok program, itulah SCADA.
9. dari komputer ini dapat dipantau suhu bearing motor, suhu winding motor, ketinggian semen pada bak penampungan, suhu Kiln, suhu raw mix sebelum masuk Semen Mill. Semua yang ada dipabrik terhubung ke ruangan kontrol secara On Line.
10. Sensor yang digunakan untuk mengukur suhu adalah thermocouple, untuk sensor level ada sonar, ada sensor digital.
11. Dan banyak lagi,, hehehhe lupa






   Gambar di atas adalah salah satu contoh SCADA

Kemudian bang jefri mengatakan, supaya kalian lebih memahami kontrol ini, maka kalian harus tau apa yang kalian kontrol, jadi kalian harus kelapangan dulu, melihat yang akan dikontrol, 2 hari di Raw Mill, 2 Hari di Kiln dan 2 Hari di Semen Mill, setelah itu baru diruangan ini kalian fokuskan.

Selesai bang jef menjelaskan, maka dipanggil salah seorang yang berada diruangan pintu masuk. namanya bang Robi, lulusan Politeknik Negeri Padang, oh iya kalau Bang Jef tadi lulusan SMA Semen Padang. Kemampuan yang dimiliki abang t karena sudah lama di pengontrolan, dalam lebih banyak belajar secara otodidak.

Bang Jef pergi karena ada urusan, maka kami diserahkan kepada bang Robi dan Bang Dhany, Bang dani lulusan D3 Elektro UNP angkatan 2004, dan transfer S1 di ITP (Institut Teknologi Padang) angkatan 2012, sekarang sedang tugas Akhir pengontrolan motor di Semen Padang.

Selama ditinggal bang jef, hahha kami cuma bermenung, bang dhany dan bang robi selalu kedatangan tamu dari luar dan mereka bercerita-cerita hingga tertawa terbahak-bahak. dan saya menilai ini kerja ngapain aja ya? kok nyantai banget,,, lama mereka bercerita, akhirnya sekitar jam 12 udah pergi istirahat mereka, padahal istirahat mulainya jam 12.00 sampai jam 13.00 WIB. Namun kami tinggal bersama bang Dhani, karena bang dhany membawa nasi, jadi tidak pergi makan diluar,,,,, Kami makan bersama, karena PE membawa nasi juga, dan saya nebeng sama PE, dan punya bang dhany juga, hehhehhee...

Usai makan kami di ajak bang dhany keruang shift, disana ada 3 orang karyawan yang sepertinya santai, namun harus standby setiap waktu, jadi jika terjadi sesuatu di pabrik, mereka harus cepat bergerak. Diruang Shift ini kami ikutan nonton sama bapak firman dan kawan2...  sampai akhirnya waktu dzuhur masuk,,,

Usai shalat dzuhur kami bermenung karena bang Dhani pergi ada urusan keluar, jadi diruang kontrol kami berdua aja, tidak tau mau berbuat apa, akhirnya saya membaca buku yang di bawa dari rumah (buku Cahaya-cahaya Air Wudhu), untuk mengisi waktu yang kosong sambil cerita-cerita sama PE. Lama-lama jadinya mengantuk juga,, huuaaaaa ngantuk, akhirnya tidur2an,,,, sudah jam 15.15, kami jalan2 keluar, huffttt kabutnya tebal sekali, debunya mengepul wahhh ini mata jadi kelilipan,,,, kami saat sambil jalan2, mau balik ke ruangan, ehhh dari belakang si Amaik (Rahmat Teguh) KP di Indarung V... Memanggil dari belakang seraya pergi, karena dibonceng sama karyawan Semen Padang..

Sampai diruangan kembali jam 15.35... duuuuhhh masih lama lagi ini PE? tanya saya, mau nanya sama siapa, orang gk ada, mau berbuat pun takut nanti terjadi apa-apa. ya udah lah akhirnya shalat Ashar pun menghampiri. Usai shalat Ashar saat mau pulang, bang robi mengajak kami jalan2 ke ruang PLC, bang Robi menjelaskan bahwa PLC ini memiliki fungsi masing2, o i ya PLC nya dari SIEMEN. usai dari ruang PLC kami menuju ruang I/O, yaitu ruang  tempat interkoneksi bagian Coal Mill dengan PLC, di sini juga terdapat MCC (Motor Control Centre) untuk Coal Mill, juga terdapat MCB/ Ciruit Breaker dan peralatan yang disebut VSD ( Variable Speed Driver) yaitu untuk mengontrol kecepatan motor AC 3 phase, dengan cara memperkecil atau memperbesar frekuensi AC nya, maksimal 50Hz. usai dari Ruangan ini kami kembali keruangan Otomasi dan ,,..... Pulang............

0 komentar:

Posting Komentar

 
;